10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Mempesona, ke Sini Yuk!

10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Indon69 - Dataran tinggi Dieng menjadi salah satu kawasan wisata yang diandalkan pemerintah Jawa Tengah. Gak heran karena banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi sekaligus di sana.

Berikut Tim IndonKaya69 telah merangkum nih beberapa tempat wisata di Dieng yang pastinya mempesona, sehingga sering kali di kunjungi wisatawan. Kalau kamu penasaran, langsung aja simak ya ulasan selengkapnya!

1.TELAGA MERDADA


Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng hingga mencapai 21 Hektar. Di sekitar telaga terdapat lahan berundak tempat pertanian kentang yang menambah keindahannya.

Telaga ini berada di antara dua buah bukti terjal, yakni Pangonan dan Sumurup. Kawasan wisata ini cukup sepi, sehingga cocok buat kamu yang pengen melimpir dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional : Setiap hari pukul 07.00 - 16.00

Harga : Rp.5K

2. Candi Arjuna10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Berada dekat dengankawah Sikidang, kurang lengkap rasanya kalau gak mampir ke Candi Arjuna. Sejarahnya, Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

Di Kawasan Candi Arjuna, terdapat lime candi lainnya yang saling berjajar lurus. Lokasinya berada di ketinggian 2.000 mdpl, sehingga suasana dan pemandangan begitu menyenangkan.

Lokasi : Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional : Setiap hari, 24Jam.

Harga : Rp.10K

3. Pendakian Gunung Prau10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Gunung yang bentuknya mirip perahu ini berada di ketinggian 2.565 mdpl. Dari puncak Gunung Prau, kamu bisa melihat awan awan putih bak kapas.

waktu yang paling tepat berkunjung ke Gunung Prau adalah ketika matahari terbit dan terbenam. Pantulan meganya bakal membuatmu terpesona. Adapun waktu mendaki yang paling pas adalah saat musim kemarau, karan jalur tidak licin.

Lokasi : Kabupaten Batang Kendal-Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional : Setiap hari 24 jam

Harga : Rp. 15K

4. Kawah Sikidang

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Dieng, tapi tak menyempatkan untuk mampir ke Kawah Sikidang. Letak kawah indah ini tak jauh dari Bukit Sikunir. Akses menuju kawah ini sebenernya lebih cepat melalui jalanan dari Wonosobo.

Bawalah masker untuk terhindar dari bau belerang yang menyengat kalau kamu gak tahan dengan baunya. Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

Lokasi : Bakal Buntu, Dieng Kulon Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional : setiap hari pukul 08.00-16.00

Harga : Rp. 10k

5. Batu Pandang Ratapan Angin
10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Batu Pandang Ratapan Angin berupa sebuah tebing di ketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Warna, bahkan kamu bisa melihatnya dari tempat ini , termasuk Telaga Pengilon juga akan terlihat disini.

Menuju ke destinasi ini bukanlah hal yang susah. Akses masuknya  Berada dekat denagn wisata Dieng lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang , dan Telaga warna. Jika ditempuh dari kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam dengan jarak tempuh 27 kilometer.

Lokasi : Jalan Raya Dieng, Dieng Kejajar , Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional : setiap hari pukul 16.00 - 17.30

Harga : Rp.10K

6.Telaga WarnaLegenda Asal Usul Telaga Warna - Histori

Sebagai salah satu objek wisata andalan, keindahan Telaga Warna memang sejak lama dikagumi para wisatawan. Telaga yang tidak begitu besar ini punya warna yang cantik.

Terdapat jembatan kecil dari kayu yang bisa jadi spot foto kece di pinggir telaga. Sempatkan berfoto sejenak, dijamin hasilnya akan sangat indah. Terdapat pula beberapa gua di dekat telaga yang punya sejarah bagi masyarakat sekitar.

Lokasi : Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosono, Jawa Tengah

Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 - 17.30

Harga : Rp.10k

7. Candi Gatot Kaca

Candi Gatotkaca berada di Kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, dan telah masuk dalam Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah. Sejarahnya, nama candi megah ini diambil dari tokoh cerita rakyat Mahabarata.

Candi Gatotkaca sendiri dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima, tapi baru ditemukan pada tahun 1814. Bangunan tua penuh sejarah ini bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan.

Tak jauh dari sini, terdapat Museum Kailasa yang memuat banyak informasi mengenai sejarah dari Dataran Tinggi Dieng. Di Candi Gatotkaca, kamu bisa menemukan artefak-artefak tua, tapi tetap memukau.

Lokasi : Dieng Kulon, Batur, Karang sari, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasiona
l : Setiap hari pukul 08.00 - 17.00

Harga : Rp.10K

8.Bukit Sikunir

10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Tempat memburu golden sunrise di Dieng yang paling memesona berada di Bukit Sikunir. Keindahan warna kemerahan di kala pagi akan membuatmu takjub, sehingga disarankan berada di puncak bukit sebelum subuh atau sebelum jam 5 pagi.

Lokasi : Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional :  Setiap hari Pukul 02.00 - 18.00

Harga : RP.12K

9. Telaga Pengilion10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Dieng memang punya banyak telaga. Salah satu yang mampu menarik perhatian pengunjung adalah Telaga Pengilon.

Telaga ini kerap dikaitkan dengan mitos dan legenda oleh masyarakat sekitar, tapi tetap saja keindahannya tak bisa terbantahkan. Telaga ini sering dikatakan kembaran Telaga Warna, tapi yang membedakan adalah kejernihan airnya.

Di Telaga Pengilon, warna air sangat jernih dan bisa ditinggali oleh ikan-ikan. Melalui telaga ini pula, masyarakat memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00

Harga: Rp10 ribu

10. Gardu Pandang Tieng10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Satu lagi tempat yang cocok didatangi ketika matahari terbit, yakni Gardu Pandang Tieng. Lokasi ini sangat padat pengunjung. Para wisatawan biasanya berbondong-bondong memburu keindahan sunrise.

Di sebelah selatan, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Sindoro beserta dengan Desa Tieng. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit dari Wonosobo. Pemandangan alam dari sini membuat siapa pun yang datang jadi enggan pulang.

Lokasi: Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam opersional: setiap hari pukul 24 jam

Harga: Senin-Jumat Rp7.500, sedangkan Sabtu-Minggu Rp8.500


Itulah beberapa tempat wisata Dieng yang paling menarik dan bisa kamu kunjungi ketika liburan kesini. Kalau begitu, mana dulu yang pengin kamu datangi? Semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya!


10 MAKANAN KHAS SURABAYA YANG ENAK, BERVARIASI DAN WAJIB DICICIPI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama