10 Makanan Khas Aceh yang Terkenal dan bikin nagih

10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

indonKAYA - 1.Mie Aceh
merupakan salah satu kuliner khas Aceh yang paling ikonik. Mie satu ini mulai mudah ditemukan di kota-kota besar di indonesia.

Mie Aceh biasanya disajikan dalam dua varian, yaitu digoreng atau kuah. Selain bumbu rempah yang kuat, mie Aceh biasanya punya ciri khas dengan topping yang mewah, mulai dari cumi, udang, daging sapi hingga kepiting.

2. Mie jalak Sabang
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Selain mie aceh, ada juga mie jalak Sabang yang patut kamu coba saat singgah di Aceh utara. Tekstur mienya kenyal. Biasanya disajikan dengan potongan daging, telur rebus, taoge, dan disiram kuah kaldu yang gurih.Agen Dominoqq

3. Sate Matang
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Aceh juga punya sate khas, yakni sate marang. Sate ini bisa kamu temukan di derah Matang, Kabupaten Bireuen.

Yang membuat nya istimewa adalah proses memasaknya. Sate Matang biasanya menggunakan daging kambing atau sapi.

Daging kambing biasanya akan diungkep dengan bumbu khas Aceh, sebelum kemudia dibakar. Sate matang kemudian disajikan dengan kuah soto yang gurih.

4. Sambal Ganja
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Meski namanya sambal ganja, tapi sambal yang punya nama laiun asam udeung ini gak benar-benar menggunakan ganja , kok. Sambal khas Aceh ini diberi nama ganja, karena dipercaya akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan saking enaknya.

Sambal ganja menggunakan udang sebagai salah satu bahan utama. Sambal ini punya cita rasa bermacam- macam yang menyatu dalam satu cobek.Agen Bandarq

Pedasnya cabai bercamput gurihnya udang, lalu ditambah rasa asam segar dari belimbing wuluh mudah,serta aroma wangi dari daun jeruk dan serai. Hmmm Nikmat!

5. Ayam tangkap
Ayam Tangkap Khas Aceh Istimewa Lezat - Resep | ResepKoki

Ayam tangkap terbuat dari ayam muda yang digoreng kering dengan cabai hijau dan daun teumura. Ayam tengkap biasanya dimasak dengan potongan-potongan kecil.

Saat disajikanm ayam goreng biasanya tersembunyi di balik tumpukan cabai hijau daun teumura yang sudah digoreng kering..

6. Dendeng Rusa
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Kalau biasanya dendeng menggunakan daging sapi, Aceh punya dendeng rusa yang menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya.Bandar Poker Online

sama seperti dendeng pada umumnya, daging akan diolah hingga kering. Dendeng rusapunya cita rasa yang gurih dan biasanya di jadikan oleh-oleh khas Aceh.

7. Kuah sie itek
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Kuah sie itek merupakan salah satu kuliner lezat yang berasa dari daerah Bireuen. Bahan utamanya adalah daging itik atau bebek.

Masakan berkuah yang satu ini sangat di gemari oleh masyarakat Aceh. Daging itik biasanya dimasak menggunakan bumbu khas dengan rasa rempah yang kuat dan tidak amis.

8.Kuah pliek u
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Selain kuah si itek , ada pula kuah pliek u. Kuliner ini merupakan masakan khas Aceh Barat.

Kuah pliek u terdiri dari sayuran yang banyak ditemukan di tanah Aceh. Selain lezat, kuah pliek u juga punya makna yang dalam. Biasanya melambangkan kekerabatan yang erat dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan ke dalam sebuah kuali besar.

9. Eungkot keumamah
10 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu, Bikin Nagih

Eungkot keumamah merupakan masakan yang terbuat dari ikan tuna atau ikan tongkol. Ikan biasanya akan direbus, dibalur dengan abu dapur, dan dikeringkan sampai keras, baru dipotong-potong untuk diolah.

Ikan kemudian dimasak dengan santan kelapa, cabai, kentang, serta bahan rempah khas Aceh lainnya
10. Bubur Memek
Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Ini 5 Fakta Tentang Memek ̢ۢ

Last but not least, ada bubur memek yang belakangan ini menjadi perbincangan di media sosial. Meski namanya sedikit nyeleneh, tapi kuliner khas Simeulue ini baru saja ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019.

Nama memek sendiri sebenarnya diambil dari kata mamemek, yang berarti mengunyah atau menggigit. Bubur memek terbuat dari campuran pisang, beras ketan, santan, dan gula. Beras ketan awalnya disangrai.

Pisang ditumbuk kasar, sehingga teksturnya masih terasa. Pisang kemudian dicampur dan dimasak dengan beras ketan yang sudah disangrai, santan, dan gula.

Memek menjadi jamuan wajib ketika ada tamu pemerintahan atau orang penting yang datang ke Simeulue.

Selain itu, masyarakat lokal selalu menyediakan bubur ini ketika bulan Ramadan. Memek menjadi takjil favorit yang gak boleh ketinggalan saat berbuka.

Nah, itulah beberapa makanan khas yang harus masuk daftar kulineranmu selama di Aceh. Mau cobain yang mana dulu, nih?

Agen Dominoqq, Agen Bandarq, Bandar Poker Online, Agen AduQ, Agen Sakong, Agen Bandar66, Agen Capsa, Dominoqq, Domino99, Agen Domino99, Poker Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama