10 Kuliner Hits Dan Legendaris Paling Wajib Dikunjungi Ketika Sedang Berada di Kota Malang

 


Indonesiakaya69 - Selain sebagai kota pariwisata, Malang memang terkenal sebagai kota kuliner. Ya, 11-12 sama Paris van Java gitu.

Di Malang sendiri tak hanya memiliki kuliner yang berbau tradisional, kuliner modern nya juga banyak loh! Berkunjung ke Malang memang tak afdol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas-nya. Coba tebak, apa hayo? Yap benar sekali, Bakso Malang.

Eits, tapi tak hanya punya bakso Malang yang lezat itu, kota berhawa sejuk ini masih menyimpan jutaan ragam kuliner yang wajib banget kalian nikmati ketika sedang berlibur disini.

1. Yuk, nge ice cream dulu di Toko Oen. Iya, biar kayak kaum bangsawan Belanda.


Jangan ngaku ke Malang kalau belum singgah di Toko Oen. Begitulah kira kira peribahasa yang bisa dikatakan. Berada di Kota Malang memang serasa wajib hukumnya menikmati hidangan yang ada di Toko Oen. Kelezatan ice creamnya yang telah ada sejak 1930 menjadikan tempat kuliner yang satu ini begitu melegenda. Bandar66

Hingga kini cita rasa dari olahan ice creamnya masih sama tak ada yang dirubah. Hal ini lah yang menjadikan Toko Oen ini masih berjaya hingga saat ini. Selain Ice Cream, Toko Oen juga menyajikan aneka menu lain yang tak kalah lezat seperti aneka steak, nasi goreng, anek kue kering. Dikabarkan bahwa Toko Oen ini adalah tempat nongkrongnya orang orang Belanda pada masa lampau.

Dan hingga kini restorant Oen yang berlokasi di Jalan Basuki Rachmad Malang (sekitar Alun alun Malang) ini masih selalu dikunjungi wisatawan mancanegara yang sedang berada di Kota Malang. Kesan tempo doeloe masih terlihat jelas dari asitektur bangunan yang tidak banyak mengalami perubahan, seperti desain interior dengan pintu dan jendela kaca besar, meja kursi dari rotan, dan sebuah piano tua yang akan membawa Dolaners pada suasana klasik masa lalu

2. Ini nih kesukaan para wanita, Putu Lanang Celaket


Putu merupakan salah satu jajanan favorite yang bisa Dolaners temukan di Kota Malang. Putu sendiri merupakan sajian makanan yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah, kemudian di kukus hingga matang. Disajikan di atas daun pisang dengan ditaburi parutan kelapa yang gurih, hidangan kuliner yang satu ini sanat lezat.

Salah satu tempat kuliner yang menyajikan jajanan putu adalah Putu Lanang Celaket. Salah satu tempat kuliner legendaris di Malang ini sudah dibuka sejak 1935 dan hingga sekarang tidak pernah sepi pembeli. Selain menu putu, di Putu Lanang Celaket juga menghadirkan menu lain seperti cenil, lupis, getuk yang bisa memanjakan lidah Dolaners.

Tak hanya dimakan di tempat, kuliner ini juga bisa Dolaners bawa pulang sebagai oleh oleh. Berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03 Malang, Putu Lanang Celaket menjadi pilihan jajanan yang menyehatkan.

3. Mau yang ala ala Timur Tengah? Datang aja ke Rumah Makan Cairo


Rumah Makan Cairo, dari namanya saja Dolaners pasti sudah bisa menebak bahwa ini adalah tempat makan Timur Tengah. Dan tebakan Dolaners tepat sekali. Rumah Makan Cairo memang menawarkan aneka olahan menu bercita rasa khas Timur Tengah. Rumah makan ini telah ada sejak 1953 lalu.

Di sini tersedia berbagai menu dari olahan daging kambing seperti sate, gule, nasi kebuli, nasi mandhi, nasi biryani, krengsengan bahkan kambing guling juga ada di Rumah Makan Cairo Malang ini. Selain menu berat, tersedia pula camilan berupa martabak telor serta roti maryam. 

Yang menjadikan Rumah Makan Cairo berbeda dengan rumah makan lain adalah disini olahan daging kambingnya sama sekali tidak berbau. Teksturnya yang lembut dan gurih ditambah dengan bumbunya yang komplit menghadirkan hidangan yang lezat. Tak hanya itu, di Rumah Makan Cairo juga menyediakan susu kambing etawa murni yang sangan baik untuk kesehatan Dolaners. Bagi Dolaners yang ingin mencoba silahkan datang ke Jalan Kapten P. Tendean, Malang pada pukul 8 pagi hingga 10 malam.

4. Mampir makan di Depot Hok Lay dulu, siapa tau ketularan jadi legendaris juga


Ada lagi nih yang legendaris di Malang, bernama Depot Hok Lay. Depot Hok Lay sendoro merupakan salah satu tempat kuiner yang unik. Bagaimana tidak, letaknya yang berdiri di Kota Malang atau lebih tepatnya di Jalan KH. Ahmad Dahlan Malang namun menawarkan sajian kuliner yang disominasi makanan khas Semarang yakni lumpia.

Tak hanya makanannya saja yang unik, dari segi arsitektur bangunannya juga. Kesan vintage terlihat dari perabotan arsitektur bangunan, mulai dari meja kursi ukiran kayu, jendela dengan kaca ukuran besar, dan lantai dari jenis tegel kuno. Depot Hok Lay memang sudah dikenal sejak lama yakni sejak 1946 lampau. Di tempat makan yang satu ini terdapat satu jenis minuman yang tak bisa Dolaners temukan ditempat lain yang merupakan salah satu icon disini yakni bernama Fosco.

Sebuah minuman yang bercita rasa sangat khas karena terbuat dari coklat dan susu murni yang kemudian disajikan dalam kondisi dingin. Uniknya lagi, minuman Fosco dikemas dalam botol kaca Minuman ini konon dibuat dari resep asli Belanda dan menjadi minuman favorite sejak dulu.

5. Gak percaya kalo mangkok mie bisa dimakan? Coba buktiin sendiri di Resto Hot Cwie Mie Malang


Cwie Mie merupakan sajian hidangan mie yang hampir sama dengan mie ayam, namun yang membedakan adalah sajian cwie mie bukan menggunakan potongan ayam melainkan menggunakan aya, yang dihancurkan lembut mirip dengan abon.

Cwie Mie Malang ini juga terbilang memiliki cita rasa yang unik. Jika mie pada umumnya memiliki rasa yang cenderung manis, lain halnya dengan Cwie Mie yang justru cenderung lebih asin. Cwie Mie Malang ini biasanya disantap dengan kuah gurih, daun selada segar, serta taburan bawang goreng.

Uniknya lagi, makanan khas Malang yang satu ini disajikan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari kulit pangsit sehingga bisa dimakan. Penasaran dengan kelezatan Cwie Mie Malang silahkan saja datang ke Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo, Batudomino99

6. Dingin dingin gini enaknya ‘nganget’ di Warung Ronde Titoni nih


Ronde merupakan salah satu alternatif kuliner yang bisa Dolaners kunjungi di Kota Malang. Nah salah satu tempat kuliner yang menyediakan menu ronde adalah Warung Ronde Titoni. Warung ronde ini sudah terkenal di Malang Raya sejak tahun 1948. Selain menjadi tujuan wisata kuliner di Malang, warung ini juga menjadi tempat nongkrong favorite di malam hari. Selain wedang ronde, Warung Ronde Titoni menyediakan aneka menu kuliner penghangat tubuh lain seperti kacang kuah, roti goreng, angsle dan cakue.

Ada hal perlu Dolaners tahu bahwa wedang ronde dan angsle terbilang hampir mirip. Hanya saja jika ronde menggunakan kuah dari air jahe, maka kuah angsle terbuat dari santan. Isian angsle juga lebih banyak, yaitu potongan roti tawar, petulo (kembang mayang), kacang hijau rebus, dan kacang tanah sangrai. Angsle juga memiliki aroma lebih harum karena menggunakan bahan vanili dan daun pandan. Tertarik untuk mencoba? Silahkan satang ke Jalan Zainal Arifin Malang.

7. Soto Geprak Mbah Djo, kuliner lezat dengan selingan atraksi yang mengagetkan di sela sela pembuatannya


Kuliner Malang memang tidak pernah habisnya jika ditelusuri satu per satu. Nah ini dia salah satu kuliner yang telah melegenda di kota tercinta ini, Soto Geprak Mbah Djo. Tempat makan yang memiliki desain dengan dominasi warna kuning dan kombinasi hijau muda ini telah dikenal sejak tahun 1959 lalu. Kemasyuran Soto Geprak Mah Djo bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan soto disini menggunakan racikan bumbu bumbu tradisinal yang berkualitas sehingga menghaslkan cita rasa yang kuat dan khas. Bahkan saking lezatnya, dikabarkan racikannya dapat didau dengan sajian soto mahal ala restaurant mewah.

Mungkin banyak yang penasaran mengapa kuliner ini dinamakan Soto Geprak. Hal ini berawal dari kebiasaan Mbah Djo yang suka menggeprak (menghancurkan) daging dengan cara memukul-mukul hingga empuk. Berawal dari hal tersebut, kemudian namanya dikenal dengan sebutan Soto Geprak Mbah Djo. Selain soto sebagai menu utama, tersedia juga sajian hidangan lainnya seperti bebek goreng, ayam goreng, bakso, dan aneka minuman. Siap mencoba? Silahkan saja datang langsung ke Jalan Letjen S. Parman Malang.

8.Depot Rawon Nguling, sajian si hitam yang sangat lezat di lidah


Rawon adalah salah satu kuliner khas yang dimiliki kota Malang. Kuliner legendaris yang satu ini sudah sangat terkenal dan mudah didapat di berbagai tempat makan. Rawon sebenarnya adalah sajian sup daging sapi namun kuahnya berwarna hitam karena menggunakan bumbu khas bernama kluwak. Citarasa alami khas Indonesia terasa lebih kuat karena makanan ini diracik dengan bumbu-bumbu tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serai, ketumbar, cabe, dan minyak nabati.bandarq

Salah satu tempat makan yang menyajikan menu rawon yang lezat adalah Depot Rawon Nguling. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Zaenal Arifin No. 62 Malang ini menghadirkan sajian rawon yang berbeda. Perbedaanya terletak pada tekstur dagingnya yang tak terlalu kecil namun tetap terasa lembut alias tidak alot. Di Rawon Nguling ini Dolaners bisa mendapatkan hidangan rawon yang istimewa dengan kuahnya yang tidak terlalu pekat, serta tidak mengandung banyak lemak.

9. Malam minggu bingung mau kemana? Mari berkuliner malam aja di Pos Ketan Legenda 1967


Begitu mendengar namanya, Dolaners pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa kuliner yang satu ini telah ada sejak tahun 1967. Seperti namanya yang, tempat makan yang satu ini telah melegenda di kawasan Malang Raya. Pos Ketan Legenda 1967 sendiri merupakan sebuah tempat makan dimana menyajikan kuliner yang dibuat dari olahan beras ketan. Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa olahan dari beras ketan yang di tanak ini mempunyai cita rasa yang khas.

Hal ini terbukti dari setiap harinya Pos Ketan Legenda tidak pernah sepi pengunjung, bahkan pembeli yang datang rela mengantri untuk bisa menikmati kenikmatan seporsi ketan. Menunya sendiri ada beragam seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, dan yang terbaru adalah ketan durian. Tak hanya sekedar wisata kuliner biasa, namun tempat ini menawarkan wisata kuliner malam hari di Malang yang seru. Ingin mencoba? Silahkan saja datang ke Jalan KH. Agus Salim Batu (kawasan Alun-alun Batu). Pos Ketan Legenda 1967 buka setiap harinya sejak pukul 3 sore hingga 3 dini hari.

10. Mau makan nasi tapi takut gendut, mau makan roti tapi gak bisa kenyang. Duh ribet amat. Nih makan di Mie Gajah Mada aja


Mie memang merupakan satu oraktis yang banyak difavoritekan oleh berbagai lapisan masyarakat. Nah di Malang juga ada nih tempat makan yang menyajikan menu hidangan mie sebagai primadonanya. Telah ada sejak zaman dahulu, pamor dari Mie Gajah Mada masih cemerlang hingga saat ini. Terletak di kawasan wilayah Pecinan di Malang, Mie Gajah Mada tak pernah sepi pembeli. Salah satu menu andalan di sini adalah Pangsit Mie Ayam Jamurnya.

Hidangan ini terdiri dari semangkuk mie dengan campuran daun selada, suwir ayam, topping jamur kancing, serta wonton (siomai basah) dan tak lupa taburan bawang goreng serta daun bawang. Dolaners juga dapat memesan kuahnya dalam mangkuk yang terpisah. Tak hanya mie ayam jamur, sajian mie pangsit dan es campurnya juga sangat drekomendasikan. Untuk menikmati kelezatannya, Dolaners hanya berlu datang ke Jalan Pasar Besar No. 17, Malang.

agen bandarq, bandarq, domino99, dominoqq, domino qiu qiu, agen domino99, agen dominoqq, agen domino qiu qiu, qiu qiu online, Bandar66, Bandar Sakong, Perang Baccarat

1 Komentar

  1. TERUNTUK KALIAN YANG MASIH CARI CARI SITUS YANG BISA DEPOSIT PULSA,
    SKUYY MERAPAT DI KASQQ, TANPA POTONGAN LOH ^^
    PROSES DEPO WD CEPAT
    DISINI MENYEDIAKAN KODE UNIK & MEJA HOKI SETIAP HARINYA 😊
    GAK PERCAYA? COBAIN YA .. DEPOSIT MINIM, BISA MENANG MAXIMAL ^^
    CP :
    - WA : +85598791608
    - INSTAGRAM : JPKASQQ
    -Twitter : INDOKASQQ

    KASQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA
    KASQQ
    BANDARQ ONLINE
    SITUS BANDARQ
    DAFTAR KASQQ

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama